1. langka langka proses pembuatan prototipe produk barang
       Ada tahap tahap yang harus dilalui dalam proses pembuatan prototipe barang.berikut ini tahapan proses pembuatan prototipe produk barang mulai dari pengembangan sebuah ide hingga penguji prototipe produk barang atau jasa.
a.langkah pertama: pengembangan ide(idea development)
    Langkah awal untuk membuat produk barang dimulai dari sebuah ide.
b.langkah kedua: penyaringan produk (product screening)
   Selanjutnya tim penyaringan melakukan evaluasi terhadap realisasi ide produk menurut fungsi bisnis utama, seperti keuangan, pemasaran,dan operasi.
c.langka ketiga: desain awal dan pengujian (pelimenary design and testing)
   Pada tahap ini,desain produk yang telah dipilih diwujudkan dalam bentuk prototipe.
       Adapun tahap-tahap pembuatan prototipe produk barang atau jasa sebagai berikut:
         1). Melakukan pemilihan dasain dari spesifikasi-spesifikasi yang ada agar dapat
               dipastikan secara ekonomis biaya yang lebih efisien
         2). Melakukan pemilihan tahapan Pelalawan dan mesin yang akan digunakan
         3). Menetapkan layout yang baik dari pabrik,dan fasilitas-fasilitas lainya
d.langkah keempat: langkah ini merupakan tahap perancangan akhi yang menggulirkannya antara lain, spesifikasi produk akhir, intruski pemerkosaan.
 
2. Contoh pembuatan prototipe produk mobil
       Pada perbuatan prototipe produk barang atau jasa sebenarnya dapat berupa model fisik, simulasi komputer,atau produk nyata. Contohnya, perbuatan prototipe mobil   
            a.proses perencanaan
               Perusahaan mobil melakukan proses perencanaan terhadap mobil apa yang akan                    dibuat,bentuk,dan trenya pun sudah direncanakan biasanya sekitar 3-4 tahun                            sebelum mobil tersebut dibuat
            b.pembuatan desain dan prototipe mobil
                Langka ini di lakukan dengan hati-hati.setelah proses investigasi produk apa yang                   akan dilakukan selesai, dimulailah proses pembuatan sket-sket mobil.
            c. Sket-sket dipilih beberapa bagian saja,lalu dibuatkan visualisasi nya secara 3D di                     komputer
            d.dibuatlah model dengan tanah liat menjadi beberapa model.lalu dipilih satu jenis                    model yang nantinya akan diproduksi.
            e.selanjutnya dirancang interior dan eksteriornya secara detail menggunakan                              komputer, termasuk merencanakan kemudi,pengereman,dan juga mesin.
            f.kemudian,dibuat prototipe mobil berdasarkan desain yang telah ditemukan tadi.lalu, prototipe ini dites beberapa kali meliputi tas angin.


   
           B.pengujian prototipe produk barang dan jasa
               Pengujian terhadap prototipe produk sebelum diproduksi masal sangat penting                        untuk dilakukan 
   

             1). Technical testing 
                   Masing-masing dari jenis informasi tersebut dapat mempunyai dampak biaya                          terhadap pemasaran produk.
             2). Pengujian preference and satisfaction testing(preferensi dan kepuasan)
                   pengujian tersebut dipakai untuk menetapkan elemen-elemen yang akan                                    direncanakan dalam rencana pemasaran dan untuk membuat transferan
             3). Simulate test markets atau laboratory
             4).rest markets 
                 Pengujian pasar dilakukan dengan cara perusahaan menawarkan sebuah produk                    untuk dijual untuk wilayah pasar terbatas yang sebisa mungkin dapat mewakili                       keseluruhan pasar tempat nantinya produk itu dijual
            a. Salesman wave research
                   dalam metode sales wave research konsumen yang pada awal yang mencoba                          sebuah produk secara gratis di tawarkan lagi produk tersebut atau produk Pasai
             b.simulate test marketing
                  berhubungan dengan pilihan mereka lain perusahaan akan menanyakan beberapa                   hal kepada mereka
             c.controlled test marketing
                Metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji perusahaan kondisi tokoh dan iklan terbatas pada perilaku pembelian konsumen tanpa harus melibatkan konsumen itu tersendiri secara langsung sampai Konsumen akan diwawancarai untuk mendapatkan

Komentar